Cara Kerja Mesin Fotocopy

/, Info/Cara Kerja Mesin Fotocopy

Cara Kerja Mesin Fotocopy

JJauh sebelum mesin fotocopy di temukan tidak terbayangkan bagaimana cara menggandakan dokumen dengan cepat, apakah tulis tangan atau apa? Terlepas dari kebingungan itu semua kita patut bersyukur telah di temukan mesi fotocopy sehingga proses penggandaan dokumen menjadi jauh lebih cepat, apalagi sekarang sudah ada mesin fotocopy warna sehingga dokumen apapun bisa disalin dengan semirip mungkin dengan aslinya.

Banyak pertanyaan dari orang-orang awam yang sedikit “kepo” tentang mesin fotocopy, ‘bagaimana bisa gambar bisa di duplikasi dengan begitu mirip, bagaimana prosesnya dan apa saja alatnya. Berikut sedikit informasi mengenai cara kerja mesin fotocopy dari mulai scaning hingga mencetak gambar.

Bahasan mengenai bagaimana gambar bisa di duplikasi tidak akan di jelaskan secara rinci karena akan ada unsur ilmiah yang lebih mendalam dan hanya para ahli yang dapat menerangkan dan memahaminya.

copy-process-pada-mesin-fotocopy-canon

Dari bagan di atas, kita bisa melihat proses bekerjanya mesin fotocopy, berikut penjelasanya:

Proses pertama dalam skema di atas adalah lampu scanner menyala kemudian

  1. Primary Charge memberi muatan ke drum.
  2. Gambar akan di proses oleh CCD dan kemudian dilanjutkan ke Laser untuk membuat suatu muatan gambar.
  3. Laser akan memaparkan sinar (yang berupa gambar semu) ke permukaan drum sehingga terbentuklah bayangan semua pada permukaan drum.
  4. Potensial Control bekerja untuk menetralisir muatan berlebih pada permukaan drum sehingga gambar yang di hasilkan akan jernih.
  5. Proses selanjutnya adalah supply toner dari Developer ke Drum, proses ini terjadi karena adanya perbedaan muatan yang ada pada Drum (dari primary charge) dengan toner yang di gunakan (Muatan Positif bertemu dengan Toner Negatif).
  6. Kemudian ada proses Pre Transfer (sebelum proses memindahkan (transfer) toner ke kertas, berfungsi untuk merenggangkan toner dari drum agar proses transfer menjadi sempurna.
  7. Proses berikutnya adalah Transfer yaitu pemindahan toner ke kertas yang dilakukan oleh Transfer Charge.
  8. Pada proses nomor 7 juga terjadi, proses Sparation atau memisahkan kertas dari drum, ini berfungsi agar kertas tidak ikut terbawa putaran drum, sehingga kertas berjalan lurus ke arah fixing.
  9. Proses terahir adalah fixing process atau prosess press kertas agar toner menempel pada kertas, kemudian di keluarkan ke paper tray.

NB: Jika sudah memahami proses kerja mesinfotocopy, biasanya akan lebih mudah dalam menangani masalah pada mesin fotocopy, terutama masalah pada hasil copy.

Demikian sedikit mengenai cara kerja mesin fotocopy semoga bisa menambah ilmu kita.

By | 2016-10-29T02:48:57+00:00 Juni 15th, 2016|Front, Info|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Kerja Mesin Fotocopy

About the Author:

error: Content is protected !!